Perluasan sektor publik ke dalam perusahaan industri telah dipraktekkan untuk beberapa lama, sedikit di atas setengah abad sekarang. Organisasi sektor publik agar dapat berfungsi secara efisien banyak meminjam dari pengetahuan bisnis, administrasi dan orientasi proses organisasi swasta. Namun, masih ada banyak perbedaan antara kedua praktik administratif ini.
Akan menarik untuk belajar tentang kedua persamaan dan perbedaan antara keduanya sampai pada pemahaman yang lebih baik. Marilah kita terlebih dahulu memahami perbedaan dan melihat apa yang penulis dan pakar materi pelajaran katakan tentang hal itu.
Menurut Paul H. Appleby administrasi publik berbeda dengan administrasi swasta dalam tiga aspek penting, yang pertama adalah karakter politik, kedua luasnya cakupan, dampak dan pertimbangan dan akuntabilitas publik. Perbedaan ini tampak sangat mendasar dan sangat valid dalam eksplorasi eksplorasi kita sendiri pada artikel sebelumnya.
Josia Stamp melangkah selangkah lebih jauh dan mengidentifikasi empat aspek perbedaan yang satu-satunya yang serupa dengan Appleby adalah akuntabilitas publik atau tanggung jawab publik karena Stamp mengidentifikasinya. Tiga lainnya adalah:
- Prinsip keseragaman
- Prinsip pengendalian keuangan eksternal
- Prinsip motif pelayanan
Herbert Simon mencontohkan sangat praktis dan mudah untuk memahami perbedaan berdasarkan kepercayaan dan imajinasi populer dan oleh karena itu mungkin tampak lebih menarik. Dia mengatakan bahwa administrasi publik birokrasi sementara administrasi swasta adalah bisnis seperti. Administrasi publik bersifat politis sedangkan administrasi swasta bersifat apolitis. Dan akhirnya; Aspek yang kebanyakan kita sumpah oleh administrasi publik itu ditandai dengan pita merah sementara administrasi swasta bebas dari itu.
Manajemen Guru Peter Drucker menyimpulkan perbedaannya secara lebih komprehensif. Dia mengatakan bahwa intuisi yang mengatur kedua jenis administrasi itu berbeda satu sama lain. Sementara fungsi administrasi publik pada intuisi layanan, administrasi swasta mengikuti intuisi bisnis. Mereka juga memiliki tujuan berbeda untuk melayani, dengan kebutuhan, nilai dan tujuan yang berbeda. Keduanya memberi kontribusi berbeda kepada masyarakat juga. Cara kinerja dan hasil diukur berbeda dalam administrasi publik daripada kinerja publik.
Mari kita sekarang memahami kesamaan antara keduanya dan melihat sampai sejauh mana dan di wilayah mana mereka serupa. Anda akan terkejut mengetahui bahwa ada banyak kesamaan antara cara-cara di mana fungsi administrasi publik dan swasta. Kesamaannya begitu banyak sehingga beberapa pakar dan penulis materi pelajaran seperti Henry Fayol, M P Follet, Lyndall Urvick tidak menganggapnya berbeda. Fayol mengatakan bahwa semua jenis fungsi administrasi pada beberapa prinsip umum terlepas dari mereka bersifat publik atau swasta. Perencanaan, pengorganisasian, pengangkatan dan pengontrolan serupa untuk semua administrasi.
Argumen di atas dan beberapa poin lain yang disarankan dan diilustrasikan oleh penulis lain juga dengan jelas menunjukkan bahwa ada lebih banyak kesamaan antara dua administrasi daripada yang kita lihat dan pahami.
- Aspek manajerial perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pengendalian sama untuk administrasi publik dan swasta
- Aspek akuntansi seperti pemeliharaan akun, pengarsipan, statistik dan stok adalah sama
- Keduanya memiliki rantai komando hirarkis atau pelaporan sebagai struktur organisasi
- Keduanya terpengaruh, mengadopsi dan mereformasi praktik mereka sendiri dengan mengingat praktik terbaik lainnya. Mereka juga berbagi kolam tenaga yang sama
- Dan terakhir mereka berbagi jenis personil dan masalah keuangan yang sama
0 komentar:
Posting Komentar